Kepolisian RI Menyarankan Perluasan Ganjil Genap Terus Berlanjut - Bersusun Berita

Breaking

Jumat, 31 Agustus 2018

Kepolisian RI Menyarankan Perluasan Ganjil Genap Terus Berlanjut

Peraturan Perluasan Ganjil Genap yang diterapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentunya sebentar lagi berakhir, tepatnya tanggal 2 September 2018. 

Kepolisian RI Menyarankan Perluasan Ganjil Genap Terus Berlanjut

Tentunya dengan berakhirnya Asian Games 2018 pada tanggal tersebut, maka berakhir juga Peraturan Perluasan Ganjil Genap

Rupanya bukan hanya masyarakat saja yang menilai bahwa Perluasan Ganjil Genap memberikan dampak positif yaitu sangat berkurang kemacetan. 

Bukan hanya masyarakat saja yang menilai dampak positif dari Perluasan Ganjil Genap, pihak Kepolisian RI mengusulkan untuk aturan ini terus diperpanjang. 


Saran dari Kepolisian RI ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. 

"Kami mengusulkan agar dilanjut, karena memang dampaknya positif. Dari kacamata polisi itu ada dua, pertama terjadi penurunan angka kemacetan, lalu kedua naiknya penumpang kendaraan umum," kata Yusuf saat dihubungi Kompas.com, Jumat (31/8/2018). 

Selain dua faktor tersebut, Yusuf juga menilai aturan ganjil-genap perlu dilanjut mengingat usai Asian Games akan ada perhelatan Asian Para Games. Namun untuk regulasi penerapannya dia juga menyarankan agar diubah.

Hal ini dilakukan untuk penyesuaian, sehingga meskipun nantinya aturan ganjil-genap di jalan arteri tetap berlanjut, namun ada ketentuan lain. 

Contoh ketika hari Sabtu-Minggu, Yusuf mengusulkan untuk tidak diterapkan. Disampaikan oleh Yusuf bahwa pelanggaran cenderung turun ketika Weekend. 

"Saat weekend tren pelanggarannya cenderung turun, saya usul saat Para Games nanti ganjil-genap tidak berlaku saat weekend. Lalu mengenai waktu penerapan, kalau yang saat ini 15 jam, bila diteruskan nanti tidak akan selama itu. Bisa dari pukul 06.00-10.00 WIB, lalu dilanjut pada 16.00-21.00 WIB," kata Yusuf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar