Total 160 Pendaki Terselamatkan Dari Bencana Di Gunung Merapi - Bersusun Berita

Breaking

Jumat, 11 Mei 2018

Total 160 Pendaki Terselamatkan Dari Bencana Di Gunung Merapi

Dafabet Indonesia - Akibat adanya letusan freatik dikawasan puncak merapi sebanyak 160 orang yang tengah mendaki di evakuasi tepatnya pada pukul 15.00WIB. Seluruh pendaki berhasil turun.
“Sudah turun semua, 160 pendaki,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo.Sebanyak 5 orang dari karanganyar dan sragen berhasil sampai di Pos New Selo. Satu rombongan itu berjalan dengan hati-hati karena harus membantu salah satu temannya yang terluka akibat terjatuh sewaktu di puncak.
Sesampainya dibawah, Danang Aji pendaki yang terluka, langsung mendapatkan pengobatan dari para medis di posko kesehatan. Dia mengalami luka lecet dan memar di beberapa bagian tubuhnya, antara lain di kepala bagian belakang, tangan dan kaki.
Meski sudah turun semua, lanjut Kurniawan, pihaknya akan melakukan patroli. Sementara berkait aktivitas pendakian ke Merapi, apakah ditutup sementara, pihaknya tidak bisa memastikan.
“Karena status (aktivitas) Gunung Merapi sampai saat ini normal (tidak ada peningkatan status),” ujarnya.
Riski, yang menjadi salah satu pendaki satu rombongan dengan Danang mengatakan, rombongannya paling terakhir turun. Di belakangnya sudah tidak ada lagi.
“Kelihatannya kami yang paling akhir sampai bawah, tapi di belakang saya tadi masih ada tim sapu bersih (relawan). Di Pasar Bubrah tadi juga masih ada tenda satu, tapi kemungkinan karena ditinggal lari pemiliknya,” kata Riski, di Pos New Selo. Dafabet Indo.
Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Boyolali, Teguh Tri Kuncoro menjelaskan, akibat letusan freatik, sejumlah pendaki mengalami luka-luka. Namun mereka hanya mengalami luka ringan karena terjatuh saat menyelamatkan diri. Terdapat belasan pendaki yang dibawa ke Pos Kesehatan di New Selo.
“Rata-rata luka ringan. Luka baret-baret. Juga ada yang kelelahan, mungkin tadi pagi belum sempat sarapan di atas, terus lari turun,” jelasnya.
Selain luka ringan, juga terdapat sejumlah pendaki yang mengalami cedera karena terkilir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar